Proses Pembuatan Dan Penggunaan Kanal U Baja Ringan

setelah pasang kanal u baja ringan

Kanal U baja ringan adalah salah satu material konstruksi yang populer di tanah air. Hampir banyak bangunan kerap mengandalkan baja U sebagai penyangga, penopang, atau untuk pemanfaatan lainnya.

Baja berstandar Eropa ini memang serbaguna sehingga banyak digunakan untuk menghasilkan bangunan berkualitas. Simak informasi seputar bahan bangunan ini berikut!

Bagaimana Proses Pembuatan Baja U?

Kanal baja memiliki beberapa varian model, mulai dari huruf U, C, J, sampai berbentuk seperti topi. Setiap modelnya punya proses pembuatan berbeda sama halnya seperti baja U ini.

  • Desain bentuk

Tentunya sebelum dapat membentuk dibutuhkan bantuan teknologi komputerisasi dan program desain seperti CAD. Desainer akan merancang beberapa elemen mulai dari geometri, panjang, juga material besi.

Tujuan desain ini sudah jelas agar menghasilkan struktur yang presisi, juga program tersebut memudahkan proses perancangan desain khusus baja.

  • Pencetakan

Sesuai bentuk, baja ini melalui proses pencetakan melalui mesin roll forming, di mana terdapat set mesin roll presisi penekan yang berada di atas dan bawah. 

Mesin tersebutlah yang menghasilkan bentuk U ketika lembaran baja dimasukkan pada area roller, kemudian memberi tekanan pada bagian tengah baja. 

Penggunaan Baja U dalam Industri

Kanal baja merupakan material konstruksi yang praktikal, komponen andalan yang mudah beradaptasi ke beberapa jenis industri. Materialnya yang berkualitas, tahan lama, dan tahan banting menjadi alasan kanal baja dipilih.

Meski sering digunakan, bukan berarti kanal U cocok untuk segala industri. Berikut industri yang menggunakan baja U :

  1. Konstruksi

Ketika dunia konstruksi memerlukan material ringan, dapat didaur ulang tapi tahan lama maka baja U jawabannya. Penggunaan baja di masa sekarang sebagai pengganti material kayu.

Mulai dari pengaplikasian penyangga untuk tembok, baja terpilih sebagai material yang tahan banting, serta kokoh.

  1. Transportasi

Selain konstruksi, dunia transportasi juga erat penggunaannya dengan kanal baja misalnya untuk bumper, komponen struktural, trek jendela, dan lainnya.

Desainer kendaraan juga bergantung terhadap kanal U baja ringan atau variasi lain untuk mencoba beragam desain teranyar yang tetap ringan.

Proses Pembuatan Dan Penggunaan Kanal U Baja Ringan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top