Hal yang Mempengaruhi Harga Gigi Tiruan, Tidak Selalu Mahal

Ilustrasi pemasangan gigi tiruan

Harga gigi tiruan sebenarnya tidak selalu mahal, namun banyak orang yang mengiranya begitu. Hal ini membuat banyak orang enggan untuk memasang gigi palsu sekalipun dalam kondisi memerlukan gigi palsu. 

Padahal, pemasangan gigi palsu bisa lebih disesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Jadi, biaya yang dikeluarkan bisa jadi lebih terjangkau. Untuk itu, para pasien harus mengetahui hal yang mempengaruhi harga pasang gigi palsu ini. 

Hal yang Mempengaruhi Harga Gigi Tiruan

Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi harga dari pemasangan gigi palsu. Dengan mengetahui hal apa saja yang mungkin mempengaruhi. Mungkin akan membantu pasien untuk lebih menyesuaikan dengan kebutuhannya. 

Dengan begitu, bisa juga dicapai harga pemasangan gigi palsu yang lebih terjangkau. Berikut adalah berbagai hal yang mempengaruhinya: 

  1. Jenis Gigi Palsu yang Dipasang 

Hal pertama yang paling mempengaruhi adalah jenis dari gigi palsu yang dipasang. Secara umum, ada dua jenis dari pemasangan gigi palsu yaitu yang permanen dan yang lepasan. 

Harga pemasangan untuk jenis permanen bisa dibilang lebih tinggi daripada yang lepasan. Karena itu, jika pasien tidak terlalu membutuhkan pemasangan yang permanen. Memilih jenis lepasan bisa menjadi opsi untuk menghemat biaya. 

  1. Bahan yang Digunakan 

Hal kedua yang mempengaruhi adalah bahan pembuatan gigi, seperti yang diketahui ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk membuat gigi palsu. Mulai dari bahan plastik, akrilik, dan berbagai bahan lain dengan berbagai tingkat kualitas. 

Bahan akrilik mungkin akan membutuhkan biaya lebih besar daripada bahan plastik. Namun, bukan berarti gigi palsu dari bahan plastik memiliki kualitas yang kurang baik. Hal ini bergantung dengan kebutuhan dan penggunaan gigi palsu nantinya. 

  1. Berapa Banyak Gigi yang Dibuat 

Pembuatan gigi palsu biasanya dihitung berdasarkan jumlah gigi yang dibuat. Jadi, wajar saja jika semakin banyak gigi palsu yang dibuat maka harganya akan semakin mahal pula. Karena biaya yang yang dihitung berdasarkan per giginya. 

Dengan mengetahui berbagai hal yang mempengaruhi harga gigi tiruan. Informasi ini bisa membantu para calon pasien untuk mencari alternatif dan menyesuaikan kebutuhan dengan biaya yang bisa dijangkau.

Hal yang Mempengaruhi Harga Gigi Tiruan, Tidak Selalu Mahal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top