Alasan Cetak UV Flatbed Dibandingkan Teknik Lainnya

mesin print uv flatbed

Ada banyak teknik percetakan yang bisa dipilih oleh para pelanggan. Salah satunya adalah print UV flatbed. Sayangnya, banyak pelanggan percetakan yang mungkin kurang familiar dengan teknik cetak satu ini. 

Padahal teknik pencetakan ini bisa memberikan hasil yang maksimal, mengkilap, dan tahan lama. Tidak ada salahnya untuk memilih teknik ini untuk berbagai keperluan. 

Tentang Print UV Flatbed 

Teknik cetak satu ini merupakan proses cetak yang dilakukan pada permukaan yang datar. Dengan karakteristik bahan yang keras dan kaku, seperti akrilik, logam, kayu, sampai dengan kaca. 

Mencetak dengan teknik ini tidak bisa dilakukan dengan mesin printing biasa. Namun, menggunakan mesin printing yang memanfaatkan cahaya ultra violet. Menghasilkan, hasil cetak yang lebih baik dan lebih kuat. 

Alasan Menggunakan Teknik Cetak dengan UV Flatbed 

Dari banyaknya teknik printing yang bisa dipilih oleh para pelanggan, teknik cetak satu ini dijamin bisa memberikan berbagai kelebihan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah alasan kuat mengapa para pelanggan harus mencoba teknik printing satu ini: 

  1. Hasil Cetak Lebih Tahan Lama 

Alasan pertama menggunakan teknik printing ini adalah hasil cetaknya yang dijamin tahan lebih lama. Karena menggunakan mesin printing teknologi UV. Hasil cetak lebih menyerap ke permukaan sekalipun dengan karakter keras. 

Membuat hasil cetak tidak mudah pudar bahkan tidak bisa terkelupas. Karena itu, hasil cetak dengan teknik ini bisa tahan selama bertahun-tahun. 

  1. Warna Lebih Baik dan Tajam 

Tidak hanya lebih tahan lama, hasil cetaknya juga terbilang lebih baik dengan warna yang lebih tajam. Warnanya sangat hidup, cerah, dan konsisten walaupun sudah dilakukan banyak aktivitas cetak. 

Bahkan, tinta terkesan masih basah di permukaan cetak. Padahal, tinta sudah kering dan produk bisa langsung digunakan. 

  1. Penggunaan Tinta yang Lebih Hemat

Menggunakan teknik cetak ini juga bisa menghemat penggunaan tinta. Karena ketika gambar di cetak pada permukaan yang diinginkan. Sinar UV pada mesin akan langsung memulai proses pengeringan pada tinta. 

Tinta Pun segera kering begitu selesai dicetak. Hal ini yang membuat hasil warna menjadi lebih tajam karena warna kering pada saturasi terbaiknya. Proses produksi pun terbilang berjalan lebih cepat karena langsung ke tahap pengeringan. 

  1. Residu yang Dihasilkan Lebih Sedikit 

Residu yang dihasilkan oleh mesin printing UV terbilang lebih sedikit jika dibandingkan dengan mesin printing yang biasa digunakan. Karena tinta langsung melalui proses pengeringan begitu selesai dicetak. 

Jadi, tidak ada tinta yang terbuang atau bahan yang terbuang karena penempatan tinta yang tidak sesuai. Membuat hasil cetak terkesan lebih bersih. 

Itulah berbagai alasan kuat mengapa para pelanggan perlu mencoba teknik print UV flatbed. Terutama, untuk mencetak gambar di permukaan yang terbilang keras dan sulit untuk dicetak. 

Alasan Cetak UV Flatbed Dibandingkan Teknik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top