Melihat Metode Pembuatan Besi Pipa Seamless Lebih Dekat

kumpulan pipa besi yang terpasang di dinding

Secara umum, pipa digunakan sebagai saluran yang mengalirkan benda cair, gas, maupun padat. Meski memiliki banyak jenis pipa. 

Namun besi pipa seamless termasuk dalam pipa yang populer di kalangan konstruksi sebagai bahan pipa yang dapat memenuhi semua kebutuhan yang diperlukan. Sekilas pipa Sekilas pipa ini tidak berbeda dengan pipa yang lainnya. 

Mengenal Besi Pipa Seamless

Besi pipa seamless dikenal sebagai pipa yang tidak memiliki sambungan, sehingga terlihat lebih halus yang membuat struktur dari pipa ini dikatakan lebih kuat dan tahan lama. 

Menghasilkan pipa yang memiliki permukaan halus sempurna, tentu memerlukan metode dan cara yang tidak mudah, apalagi dengan ketebalan yang fleksibel.

Metode Pembuatan Besi Pipa Seamless

Dalam membuat besi pipa seamless memang tidak semudah membuat pipa yang memiliki sambungan, karena dasarnya metode pembuatan pipa ini dimulai dari billet. 

Kemudian dalam kondisi panas billet akan ditusuk pada bagian tengah menggunakan alat yang disebut mandrel. Di sini billet akan diregangkan lalu digulung agar muncul rongga. Dalam proses pembuatan besi pipa seamless memiliki 4 cara berikut ini. 

  1. Mandrel Mill Process (Pilger-mill)

Pada bilet yang melewati proses pemanasan dalam tungku dengan suhu tinggi dibuat lubang silinder yang menggunakan penusuk putar. Kemudian akan dilanjutkan dengan satu set rol sekunder, agar mendapatkan diameter luar serta ketebalan pipa yang dibutuhkan.  

  1. Mannesmann Plug Mill (Hot Rotary Piercing)

Proses selanjutnya hampir sama, bedanya pada proses pengurangan ketebalan dan kehalusan pipa yang dilakukan lebih banyak.

  1. Extruction Process

Proses yang dilakukan untuk membentuk logam, billet bulat yang telah dipanaskan akan dilanjutkan menggunakan alat untuk memotong atau membentuk material agar mendapatkan bentuk sesuai yang dibutuhkan.

  1. Push-Bench Process (Cupping)

Proses berikutnya, pada billet yang telah dipanaskan akan ditempatkan di cetakan yang memiliki diameter sedikit lebih besar dari kebutuhan pipa.

Dari metode dalam pembuatan besi pipa seamless dapat dikatakan jika pembuatannya memakan waktu yang tidak sebentar karena proses pembuatan dilakukan dalam beberapa tahap menggunakan alat-alat yang terbaik.

Melihat Metode Pembuatan Besi Pipa Seamless Lebih Dekat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top