Cara Mudah Merawat Genteng Pasir Untuk Memperpanjang Umur Penggunaannya

rumah dengan genteng metal pasir

Walaupun sudah terpasang di atas bangunan, bukan berarti genteng metal pasir tidak perlu dirawat. Anda perlu merawat genteng tersebut agar kualitasnya tetap terjaga. Ternyata, merawat genteng metal pasir juga tidak terlalu rumit. Simak caranya di bawah ini dan lihat hasilnya!

Siram Permukaan Genteng Metal Pasir 

Genteng metal pasir perlu disiram dengan air secara rutin khususnya saat musim kemarau. Hal ini sangat penting karena kotoran seringkali menempel di permukaan genteng. 

Kotoran sangat mudah menempel karena permukaan genteng tidak rata. Air akan merontokkan kotoran yang ada dipermukaan genteng. Dengan cara sederhana ini, Anda ikut menjaga warna genteng agar bertahan lebih lama. 

Bersihkan Sampah yang Ada Di Permukaan Genteng 

Selain menyiram dengan air, Anda juga perlu melihat ke atas dan membersihkan sampah yang tersisa. Biasanya, ada banyak sampah daun yang menumpuk, khususnya jika ada pohon besar di dekat rumah Anda. 

Sampah yang dibiarkan di genteng pasir akan membusuk. Saat membusuk sampah ini akan menghasilkan asam. Semakin tinggi kadar asam sampah tersebut, semakin cepat proses oksidasinya. Proses inilah yang membuat warna genteng menjadi pudar dan kusam. 

Periksa Sekrup yang Terpasang di Genteng 

Saat pemasangan genteng biasanya ditambahkan sekrup agar genteng menempel sempurna. Seiring dengan waktu, skrup bisa saja menjadi longgar. 

Karena itu, periksa semua sekrup yang terpasang di genteng metal pasir di rumah Anda. Cabut semua sekrup yang longgar tersebut. Jangan lupa untuk mengganti skrup yang sudah longgar tersebut dengan sekrup yang baru. 

Ganti Bagian-Bagian yang Rusak 

Semakin lama genteng berada di atas bangunan, semakin berkurang kualitasnya. Tidak heran jika nantinya beberapa bagian genteng akan rusak. Nah, periksa semua bagian genteng metal pasir secara rutin. 

Segera turunkan bagian-bagian yang rusak dan ganti secepatnya. Semakin awal kerusakan diketahui semakin baik. Dengan begitu, proses perbaikan bisa dipercepat sehingga kerusakan tidak semakin parah. 

Ternyata perawatan genteng metal pasir sangat mudah, bukan? Asalkan Anda melakukannya secara rutin, umur pemakaian genteng pasir di rumah Anda akan lebih lama dari umur normalnya. 

Dengan begitu, Anda pun bisa menghemat biaya perbaikan. Jika harus diperbaiki, maka biayanya lebih kecil dibandingkan memperbaiki genteng pasir yang sudah rusak parah. 

Cara Mudah Merawat Genteng Pasir Untuk Memperpanjang Umur Penggunaannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top