Apa Perbedaan Antara Genset Open dan Genset Silent?

cara perawatan genset

Genset sangat banyak digunakan sebagai penyedia tenaga listrik entah untuk mengantisipasi mati listrik seperti yang biasa dimiliki toko atau restoran, maupun untuk menyediakan tenaga listrik lebih seperti untuk acara-acara besar. Cara perawatan genset pun terhitung mudah.

Jika Anda belum tahu, genset tersedia dalam dua jenis yaitu open dan silent. Keduanya memiliki spesifikasi berbeda yang akan mengakomodasi kebutuhan Anda. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jenis yang mana, ketahui dulu perbedaan antara genset open dan genset silent.

Lokasi Penempatan

Genset open perlu diletakkan di ruangan khusus. Jika Anda adalah pemilik bisnis yang membutuhkan genset, pastikan Anda menyiapkan satu ruangan khusus untuk menyimpan genset open. Akan lebih bagus lagi jika ada ruang kosong yang berlokasi terpisah.

Sedangkan genset silent sudah dibuat lengkap dengan kanopi sendiri sehingga bisa ditaruh di ruang terbuka sehingga akan lebih fleksibel. Genset jenis ini sangat umum disewakan untuk orang-orang yang hendak mengadakan acara besar di rumah yang butuh tenaga listrik melebihi kapasitas listrik yang ada di rumah.

Penggunaan

Genset open biasanya digunakan oleh industri-industri besar yang memiliki lahan yang luas sehingga bisa menempatkan genset open di ruangan khusus yang terpisah. Hal ini juga karena genset open akan mengeluarkan suara yang cukup berisik ketika digunakan.

Sedangkan genset silent, tidak seperti namanya, tetap mengeluarkan suara yang cukup signifikan ketika digunakan namun tidak seberisik genset open. Itulah mengapa genset jenis ini biasanya digunakan oleh bisnis atau gedung yang tidak terlalu besar, juga untuk kebutuhan rumahan. Cara perawatan genset juga harus diperhatikan baik itu di genset open atau silent.

Harga

Dari fitur-fitur yang dimiliki, genset silent tentu lebih mahal daripada genset open. Ini karena genset silent sudah dilengkapi peredam suara sehingga tidak terlalu berisik ketika digunakan dan tidak terlalu mengganggu lingkungan sekitar, juga karena sudah dilengkapi dengan kanopi sehingga bisa diletakkan di mana saja.

Itulah mengapa penggunaan kedua genset ini harus disesuaikan dengan fungsi dan tempatnya. Jika Anda hendak menggunakan genset untuk kebutuhan pribadi seperti mengadakan acara di rumah, genset silent tentu harus dipilih supaya tidak mengganggu tetangga.

Kesimpulan

Dalam konteks performa dan daya yang dihasilkan, genset open dan silent memiliki kemampuan yang relatif sama. Untuk proses cara perawatan genset, genset open akan lebih mudah dirawat sampai bagian dalam sehingga akan memudahkan proses perawatan maupun perbaikan.

Oleh karena itu, pastikan Anda memilih jenis genset yang sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda pemilik bisnis dengan lahan yang cukup besar dan jauh dari perumahan genset open adalah opsi yang tepat. Sedangkan jika Anda adalah pemilik bisnis kecil atau butuh genset untuk acara rumahan, Anda perlu memilih genset silent.

Apa Perbedaan Antara Genset Open dan Genset Silent?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top