Hindari Kesalahan Membeli Jenis Besi Wiremesh Berkualitas

Sekarang ini ada beragam pilihan besi bertulang yang bisa Anda temukan di pasaran. Baik untuk membangun atau renovasi hunian, pastikan Anda menggunakan jenis salah satunya seperti besi wiremesh yang sesuai kebutuhan. Meski ada beragam pilihan dengan tawaran harga bersaing usahakan selalu menggunakan jenis besi yang baik untuk konstruksi.

Jenis-Jenis Besi Konstruksi

Jenis besi yang pertama adalah besi beton. Biasanya besi beton digunakan untuk pondasi bangunan seperti rumah. Besi beton ini memiliki uliran pada tiap sisi permukaannya.

Adanya uliran pada permukaan tersebut untuk membantu menahan gerakan pada beton. Besi beton memang cocok digunakan untuk rangka bangunan skala kecil.

Besi yang juga biasa digunakan untuk keperluan konstruksi adalah besi hollow. Mungkin Anda pernah atau sering mendengar jenis besi yang satu ini. Besi hollow cukup berbeda dengan jenis besi konstruksi lain yang mana besi hollow bentuknya seperti pipa kotak.

Selain untuk sebagai rangka dinding partisi, besi hollow juga banyak digunakan sebagai salah satu bahan membuat balkon hingga rangka kanopi. Sifatnya yang anti rayap membuat besi hollow dimanfaatkan dalam beragam bahan kebutuhan konstruksi hunian.

Ada lagi jenis besi yang juga biasa digunakan sebagai bahan konstruksi yaitu besi wiremesh. Besi yang satu ini bentuknya seperti lembaran kawat yang dianyam berbentuk kotak-kotak. Umumnya wiremesh digunakan untuk bahan penguat konstruksi bangunan karena ketebalan dan sifatnya yang kokoh.

Tips Memilih Besi Berkualitas

Jika sekarang ini Anda sedang mencari jenis-jenis besi sebagai bahan konstruksi hunian ada baiknya untuk memilih yang sesuai kebutuhan. Meski banyak pilihan selalu perhatikan kualitas dari jenis besi yang akan Anda beli. Karena masing-masing jenis besi memiliki fungsinya masing-masing.

Tentukan terlebih dahulu jenis besi berdasarkan tipe rumahnya. Pemilihan material bangunan lantai 1 dan lantai 2 terdapat perbedaan. Oleh karena itu Anda perlu ketelitian saat membeli besi bangunan.

Usahakan memilih besi yang sudah memiliki standar SNI. Meski banyak pilihan jenis besi yang dijual di pasaran namun masih ada beberapa yang belum berstandar SNI. Besi yang non-SNI dijual dengan harga lebih murah sehingga cukup menarik minat pembeli.

Jangan mudah tergiur dengan tawaran harga yang jauh di bawah pasaran. Dibalik harganya yang lebih murah dan tanpa label SNI justru dapat menimbulkan resiko buruk. Apalagi besi digunakan sebagai penopang bangunan yang tentunya perlu bahan yang benar-benar kuat dan kokoh.

Selain berstandar SNI, cek juga fisik dari besi yang akan Anda beli. Cek dengan cermat ketebalan, diameter hingga ada tidaknya bagian yang berkarat. Bagian besi yang berkarat dapat memicu korosi besi yang nantinya membahayakan struktur bangunan.

Apabila Anda kurang berpengalaman mengenal jenis besi wiremesh berkualitas, bisa juga bertanya pada penjual di toko bangunan sebagai bahan pertimbangan.

Hindari Kesalahan Membeli Jenis Besi Wiremesh Berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top